Pengembangan Karyawan SDM Kursus

Memahami Pengembangan Karyawan SDM

Memahami Pengembangan Karyawan SDM

Sumber Daya Manusia (SDM) adalah bagian penting dari sebuah perusahaan. SDM menjadi penggerak jalannya suatu usaha atau bisnis yang dikelola perusahaan. SDM juga menjadi bagian yang mendukung kesuksesan perusahaan memperoleh keuntungan.

Pengembangan karyawan SDM menjadi program rutin suatu perusahaan.  Mengingat SDM memiliki peranan penting, maka berbagai pelatihan dilakukan untuk pengembangan karyawan. Maksud tujuan dari pelatihan ini adalah membentuk SDM yang mampu menyelesaikan tugas dan tanggung jawab setiap perusahaan.

Sebelum lebih jauh membahas pengembangan karyawan SDM, mari kita pahami pengertiannya.

Pengertian Pengembangan Karyawan SDM

Kunci sukses perusahaan adalah pada pengembangan SDM yang baik. Dalam pengertian pengembangan karyawan SDM adalah tindakan atau aktivitas yang dilakukan oleh dalam waktu tertentu.

Tujuan dari pengembangan SDM ini adalah mengasah kemampuan dan meningkatkan keterampilan karyawan sehingga mampu meningkatkan produktivitas perusahaan. Selain itu, melalui pengembangan karyawan SDM ini diharapkan tercipta perubahan sikap seluruh karyawan yang lebih positif.

 

Fungsi Pengembangan Karyawan SDM

Perusahaan yang rutin mengadakan pengembangan karyawan SDM akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Khususnya pada produktivitas SDM dan inovasi karyawan.

Berikut ini fungsi pengembangan karyawan SDM untuk diketahui agar Anda semakin yakin untuk menjadwalkan pelatihan khusus karyawan: 

  1. Meningkatkan produktivitas Pengembangan Karyawan SDM

Sejak awal disebutkan bahwa pelatihan karyawan SDM bisa meningkatkan produktivitas karyawan dalam bekerja.

Seorang karyawan akan mampu menemukan inovasi baru. Ini akan membuat konsumen tidak bosan dan melihat ada hal baru yang diberikan sebagai bentuk pengembangan perusahaan.

  1. Pekerjaan berjalan lebih efisien Pengembangan Karyawan SDM

Fungsi dari pengembangan karyawan SDM adalah untuk melatih karyawan lebih terampil. Sehingga mampu bekerja dengan efisien. Tepat dan  meminimalisir membuat kesalahan dalam bekerja.

  1. Menumbuhkan sikap kepemimpinan Pengembangan Karyawan SDM

Dari pengembangan karyawan SDM juga bisa menghadirkan karyawan yang memilih jiwa kepemimpinan yang dibutuhkan perusahaan.

Sebab, tidak semua orang memiliki sikap kepemimpinan yang sejak lahir sudah dimiliki. Tetapi memang kepemimpinan harus dilatih dan dikuasai. Baik untuk karyawan maupun pemimpin itu sendiri.

Kepemimpinan bisa dibentuk dan diasah melalui pelatihan kepemimpinan yang masuk dalam progam pengembanan karyawan SDM.

  1. Menciptakan sikap positif karyawan Pengembangan Karyawan SDM

Fungsi lain dari pengembangan karyawan SDM adalah mampu membentuk sifat positif pada karyawan. Misal, karyawan punya disiplin tinggi, menyelesaikan pekerjaan sesuai tenggat waktu, sikap loyal terhadap perusahaan dan mau berkembangan bersama perusahaan.

  1. Meningkatkan kepuasaan konsumen Pengembangan Karyawan SDM

Ujung dari pelatihan pengembangan karyawan SDM ini adalah meningkatkan kepuasan konsumen. Sebab, dari pelatihan karyawan akan memiliki motivasi bekerja maksimal yang hasilnya adalah produk atau jasa yang diberikan perusahaan.

Jika produk yang dihasilkan berkualitas tentu membuat konsumen menjadi puas dan loyal pada perusahaan Anda tempat bekerja.

Pengembangan karyawan SDM ini juga meningkatkan pelayanan yang profesional. Kepuasan konsumen akan berdampak pada keuntungan perusahaan.

Mengadakan Program Pelatihan

 

Untuk mendapatkan hasil dari pengembangan karyawan SDM ini maka perlu dibuat strategi dengan mengadakan program pelatihan. Nantinya seluruh karyawan bisa mengikuti program ini sesuai dengan kebutuhan.

Misal, skill training, cross functional, team training dan creativity training. Kebutuhan pelatihan pengembangan karyawan SDM bisa Anda konsultasikan dengan Mikkha Edu.

Sudah banyak perusahaan yang berhasil mengembangkan potensi SDMnya dan memiliki pengetahuan dan kemampuan yang update sesuai kebutuhan pasar dan trend saat ini melalui pelatihan yang diberikan Mikkha Edu. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut bisa langsung menghubungi Mikkha Edu di sini.

 

 

 

 


First slide