Belajar Investasi Kursus

Belajar Investasi Saham untuk Pemula,

Belajar Investasi Bagi Pemula, Ini 4 Jenis Investasi yang Klop Dengan Tujuan Keuanganmu!

 

Belajar investasi bagi pemula nggak harus dengan modal besar. Saat ini sudah banyak alternatif dari investasi yang  memungkinkan kamu mulai berinvestasi dari modal kecil. 

 

Tidak ada kata terlambat untuk berinvestasi. Setiap generasi memiliki kesempatan untuk mengembangkan kekayaannya dan terbebas dari permasalahan finansial. Pun dengan generasi milenial. Generasi milenial dianggap kurang melek finansial dan literasi-literasinya, apalagi dengan gaya hidup yang konsumtif, kita sebagai milenial diprediksi nggak bisa meraih impian.

Eits, jangan marah dulu dong!

 

Siapapun bisa meraih impian, apalagi untuk urusan financial freedom. Setiap orang berhak mendapatkan kebebasannya dari permasalahan-permasalahan finansial. Untuk itu, kita sebagai milenial juga harus memahami bahwa belajar investasi merupakan langkah paling penting dalam mencapai financial freedom. 

 

Mau belajar investasi sebagai pemula? Ini 4 Jenis Investasi yang cocok buat kamu yang baru mulai!

  1. Investasi Reksadana

Kalau kamu memang baru banget mau belajar soal investasi, ada baiknya kalau kamu memulainya dengan reksadana. Reksadana merupakan salah satu investasi yang cocok untuk kalangan manapun, termasuk pemula.  Secara umum, reksadana adalah wadah yang menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang nantinya akan diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi. Munurut profil resikonya, reksadana dibagi menjadi empat, yaitu reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, dan reksadana campuran.

 

Saat ini investasi reksadana begitu diminati oleh masyarakat. Selain prosesnya yang mudah, reksadana juga bisa dimulai dengan dana rendah, yaitu  Rp10.000 sampai Rp 100.000.

  1. Investasi Saham

Terkadang, investasi saham dan reksadama memang tampak serupa.  Namun, dibandingkan reksadana, saham memiliki capital gain yang lumayan tinggi. Saat ini, banyak anak muda yang belajar mengenai saham dan mengalokasikan pendapatannya di sana. Jika kita mahir dalam menyusun stategi bermain saham, tentu kita bisa mengembangkan kekayaan kita dan bukan nggak mungkin kita nggak bisa mencapai impian kita. Tapi bukan berarti kita bisa mencapai financial freedom hanya dengan berinvestasi dengan saham. 

  1. Investasi Emas

Investasi Emas disebut juga sebagai investasi logam mulia. Investasi jenis ini terbilang cukup safe heaven untuk jangka menengan maupun jangka panjang. Meski tidak bisa mengembangkan nominal seperti saham dan reksadana, namun emas merupakan investasi yang cocok buat kamu yang ingin mempertahankan kekayaan. Selain itu, emas juga tetap bertahan nilainya sekalipun terjadi inflasi. 

  1. Investasi Obligasi Pemerintah Indonesia

Obligasi merupakan surat utang yang diterbitakan oleh pemerintah Indonesia sebagai peminjam dana, dan investor sebagai pemberi dana. Pemerintah yang menerbitkan obligasi wajib membayar pinjaman kepada investor setelah jatuh tempo, tentu saja dengan bunga secara rutin. Ada dua jenis obligasi pemerintah yang popular di kalangan investor, yaitu Obligasi Negara Ritel (ORI) dan Sukuk Negara Ritel (SR) yang sesuai dengan prinsip syariah. 

 

Keuntungan berinvestasi lewat obligasi adalah bunga yang didapat lebih tinggi dan berpotensi capital gain, bebas resiko gagal bayar karena kupon dan pokoknya dilindungi undang-undang. 

Tips Belajar Investasi bagi Pemula

 

Belajar Investasi bagi pemula memang tidaklah bisa hanya mengandalkan ikut-ikutan. Kamu butuh pemandu dan praktisi di ahlinya yang juga bisa mendorong kamu untuk memahami lebih banyak terkait finansial.

 

Mikkha sebagai marketplace education dan interactive online learning platform, menyediakan berbagai macam kelas yang akan mendorong kamu mengetahui lebih banyak wawasan dan mengembagkan skill yang kamu miliki. Kamu juga bisa menemukan praktisi ahli terkait investasi di Mikkha. Dibimbing dengan praktisi yang telah berpengalaman di bidangnya, kamu akan memahami tentang investasi dan finansial lebih dalam.

 

Mikkha menggunakan metode interactive learning yang memungkinkan kamu berinteraksi langsung dengan trainer agar lebih memahami materi yang disampaikan. Selain itu, kamu juga nggak perlu khawatir memori gadget kamu penuh, karena Mikkha memiliki sistem web base sehingga kamu hanya perlu akses websitenya untuk akses kelas. Untuk selengkapnya, kunjungi website Mikkha di www.mikkha.com

 

Jika kamu sudah memahami jenis-jenis investasi di atas, ada baiknya kamu juga merancang tujuan dan rencana keuangan kamu mulai dari sekarang. Investasi haruslah selaras dengan tujuan kuangan. Misalnya, kalau tujuan keuangan kamu menikah dan membangun rumah, maka kamu nggak bisa hanya mengandalkan investasi berupa emas dan reksadana. Oleh karena itu, menentukan tujuan dan target keuangan lebih penting. Karena investasi merupakan strategi yang akan kamu terapkan untuk mencapai tujuan keuangan kamu. 

 

Mikkha, Fits For Your Future!

 


First slide