Event Corporate Webinar

Event Corporate Jenis dan Bentuk Nya

Event Corporate Jenis dan Bentuk

Event Corporate adalah program yang diadakan perusahaan untuk tujuan promosi, peringatan atau penghargaan. Beda dengan kegiatan non event corporate,

maka acara yang diadakan perusahaan biasa sudah direncanakan dan disusun dengan visi misi sesuai perusahaan atau korporat.

1. Tujuan event corporate

Tujuan dari penyelenggaraan event corporate ini adalah untuk mewujudkan tujuan sebuah organisasi atau perusahaan baik untuk tujuan jangka pendek atau  jangka panjang.

Biasanya tujuan jangka pendek event korporat adalah untuk kurun waktu satu tahun dan jangka panjang yaitu 5 tahun. 

2. Jenis event corporate

Melihat jenis acara perusahaan atau event corporate bisa dibagi sebagai berikut:

Formal yaitu acara yang mempunya aturan dan prosedur yang baku dan harus diikuti oleh semua yang terlibat dalam acara tersebut. Acara ini biasanya memiliki susunan acara yang sudah pasti dan bahasa formal hingga busana resmi yang ditentukan saat acara.

 

Contoh event corporate formal adalah acara pelantikan jabatan atau penandatanganan MOU.

Semi formal yaitu acara yang memiliki aturan dan prosedur yang tidak terlalu baku atau resmi. Meski memiliki susunan acara yang terstruktur, menggunakan bahasa yang tidak terlalu resmi tetapi masih dengan bahasa yang baik dan sopan.


Conton event corporate semi formal peresmian cabang baru.

3. Bentuk dan jenis event corporate

Jika dikelompokkan berdasarkan jenis dan fungsi dari event corporate maka dibagi sebagai berikut:

Event corporate marketing yaitu acara yang diselenggarakan untuk mewujudkan tujuan dari fungsi marketing. Misal launching produk perusahaan.


Event corporate personalia yaitu acara yang diselenggarakan untuk mewujudkan tujuan dan fungsi personalia. Misal saja acara perusahaan seperti outbond untuk meningkatkan performa kerja karyawannya.


Event corporate kelembagaan yaitu acara yang diselenggarakan sebagai bagian dari fungsi kelembagaan. Misal, pelantikan jabatan, penandatanganan MOU.


Event corporate kehumasan adalah acara untuk membentuk citra sebuah perusahaan. Seperti acara perusahaan yang dikemas untuk penghargaan kepada relasi kerja.

4. Waktu pelaksanaan

Dilihat dari waktu penyelenggaraan, event corporate dibagi dua yaitu:

Event corporate rutin yaitu acara yang memang rutin dalam periode waktu tertentu. Misal rapat tahunan atau rapat kerja penyusunan anggaran.


Event corporate tidak rutin yaitu acara yang diselenggarakan tidak tergantung pada periode waktu yang tetap. Contoh acara ini misalnya siaran pers terkait kejadian khusus di organisasi. 



First slide