Kursus Delegasi Kursus

Kursus Delegasi Membantu Memahami Fungsi dan Caranya

Kursus Delegasi Membantu Memahami Fungsi dan Cara Delegasi

Bicara tentang delegasi tentu sudah tidak asing lagi ditelinga Anda. Proses delegasi dalam pekerjaan sangat penting untuk dipahami oleh seorang manajer kepada bawahannya saat di kantor.

Sebelum lebih lanjut membahas fungsi dan teknik delegasi yang bisa Anda pahami dalam kursus delegasi maka sebaiknya mencari tahu pemahamannya dahulu.

Pengertian delegasi adalah suatu proses adanya pengalihan tanggung jawab dari suatu tugas kepada karyawan lain. Umumnya proses delegasi ini dilakukan atasan kepada bawahan atau kepala tim kepada anggotanya.

Delegasi ini akan membantu Anda sebagai manajer, ketua tim atau pimpinan dalam bekerja. Sebab, ada beban pekerjaan yang didelegasikan kepada orang lain. Sehingga Anda bisa fokus pada hal penting lain. Misal, perencanaan bisnis dan membuat analisanya.

Tetapi kadang kala proses delegasi tidak berjalan lancar. Ada hambatan sehingga pendelegasiin tugas hingga pelaksanana tidak sesuai tujuan. Karena itu Anda perlu mengikuti kelas kursus delegasi.

Kursus delegasi akan membantu Anda memiliki trik menyampaikan proses delegasi sehingga tepat sasaran dan sesuai fungsinya.


Fungsi delegasi 

Kursus delegasi akan memberikan pemahaman kepada Anda tentang fungsi delegasi. Apa saja fungsi delegasi, berikut paparannya.


  1. Fokus pada perkembangan bisnis/organisasi

Kursus delegasi akan memberikan pengertian kepada Anda bahwa dengan delegasi yang baik akan membantu staf untuk lebih fokus pada perkembangan perusahaan atau organisasi.

Ini akan membuat kinerja baik atasan dan bawahan akan lebih fokus pada pekerjaan dan tanggung jawab masing-masing.

  1. Efisien pada proses kerja

Pekerjaan akan lebih efisien dengan proses delegasi. Sebab, delegasi dapat membantu beban pekerjaan dapat terbagi merata. Ini akan membuat masing-masing pihak, baik manajer dan staf mampu bekerja dengan baik dan bekerjasama dengan menghasilkan pekerjaan lebih maksimal.

  1. Mampu membuat kebijakan yang tepat

Pembelajaran dalam kursus delegasi juga akan membantu Anda sebagai manajer untuk menilai dan membuat evaluasi kebijakan yang sedang berlaku. Jika ditemukan ketidaksesuaian maka akan lebih cepat dan tepat untuk menetapkan gantinya kebijakan tersebut. Kursus delegasi akan membuat proses pembuatan kebijakan lebih cepat dan efisien.

Manfaat

Setelah mengenal fungsi kursus delegasi untuk pekerjaan di kantor, Anda juga bisa mendapatkan manfaat tidak hanya untuk perusahaan.

Delegasi yang tepat memang akan membuat perusahaan bisa mencapai tujuan dan target. Tetapi untuk Anda sendiri atau karyawan pendelegasian tugas ini juga memberikan pengalaman dan inovasi baru. Sebab, mereka mungkin belum pernah mendapatkan tugas tersebut selama ini.

Dengan proses dan kursus delegasi, maka staf akan memiliki kesempatan dan skill baru untuk mempelajari keterampilan baru untuk menyelesaikan tugas di luar tugas rutin mereka.Nah, pengembangan skill pada karyawan ini akan membantu Anda untuk mempersiapkan staf pada jenjang karier yang lebih tinggi. 

Penting untuk diingat adalah proses pendelegasian yang salah dari Anda sebagai manajer atau pimpinan akan membuat pekerjaan tidak sesuai.  Baik hasil dan target tidak sesuai tujuan perusahaan atau rencana kerja.

Karena itu Anda harus terus mengasah kemampuan delegasi melalui kursus delegasi bersama Mikkha.

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Mikkha dan dapatkan modul kursus delegasi yang sesuai kebutuhan Anda.

First slide