Pelatihan HRD Pelatihan

Mengapa Pelatihan HRD sangat penting dilakukan?

PELATIHAN HRD PENTING!

Mengapa Pelatihan HRD Sangat Penting dilakukan? 

Pelatihan Hrd adalah Sebuah perusahaan atau institusi yang baik, haruslah dibarengi dengan sistem manajemen yang juga baik. Manajemen yang baik ditandai oleh sistem yang diterapkan untuk mencapai tujuan terasa efektif dengan mengeluarkan biaya yang kecil, tetapi memiliki dampak besar karena itu. Namun untuk mencapai itu tidaklah mudah., Kualitas seperti itu membutuhkan elemen yang mampu melakukan fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian dengan memanfaatkan sumber daya-sumber daya yang tersedia. Salah satu elemen yang berperan didalam melakukan proses manajemen adalah bidang HRD (Human Resources Development).

Human Resources atau Sumber Daya Manusia (SDM) tidak bisa dilihat sebagai alat produksi tetapi juga harus dipandang sebagai aset perusahaan sebagai motor penggerak dunia usaha.

Bidang apapun usahanya, maka HR atau SDM memegang peran yang penting dan strategis untuk dapat mencapai sasaran atau goals suatu perusahaan. Karena secanggih apapun mesin dan peralatan serta sistem operatioin prosedur (SOP) bahkan IT yang ada di perusahaan, tanpa SDM yang handal tidak akan ada artinya.

Dilihat dari kacamata masyarakat awam, tugas HRD hanya sebatas administrator personalia, menhitung gaji, juga jam lembut. Tetapi yang sebenarnya, peran HRD lebih banyak dari itu. Fokus HRD adalah pada pengembangan untuk menjadikan karyawan untuk mencapai tujuan besar dari persuhaan. Mereka merekrut, mempertahankan, dan mengembangkan potensi layaknya sebagai karyawan dengan memberinya motivasi ketika semangat dan performa SDM menurun. Untuk itu, tidak sembarangan orang dapat menjadi seorang HR

HRD juga secara tidak langsung menjadi jembatan yang menengahi menjadikan karyawan dan petinggi perusahaan. Ia lah yang menjaga atmosfer perusahaan tetap baik. Tanpa HRD, manajemen perusahaan bisa dipastikan sangatlah buruk. Perusahaan yang tidak memiliki HRD akan kesulitan untuk mengatur pola kerja karyawan, menetapkan SOP, dan tidak tahu bagaimana menyelesaikan masalah, terutama yang terjadi di lingkungan internal. untuk  Karyawan juga enggan mengutarakan pendapat, menyampaikan keluh kesahnya dalam bekerja, dan sulit untuk berkembang. 

 

Untuk itu, tidak bisa sembarang orang dapat menjalankan peran seorang HRD. Diperlukan keperluan khusus bagi HRD dalam menangani permasalahan dan pengembangan karyawn, tentu saja tujuannya adalah untuk kebaikan bersama yang hidup dan bekerja di perusahaan tersebut. 

 

Berikut 4 alasan mengapa Pelatihan HRD itu penting.

  1. Untuk Meingkatkan kualitas dalam recruitment Pelatihan HRD

 

Merekrut seseorang menjadi karyawan tidak bisa sembarangan. HRD punya prinsip dan standar tersendiri untuk memutuskan mengapa karyawan tersebut cocok bekerja di Perusahaan, mengisi posisinya atau tidak. Pelatihan HRD akan membekali HRD dengan wawasan, strategi, dan taktik dalam merekrut karyawan yang sesuai dengan tujuan jangka pendek-menengah-panjang kantor / perusahaan, sehingga akan memberikan keuntungan yang lebih bagi management perusahaan.

2. Dengan Meningkatkan People Development HRD

Setelah brikut tahapan rekrutmen, tentu tugas HRD selanjutnya adalah membantu karyawan mengoptimalkan kemampuannya di tempat kerja, memberikan motivasi, mengapresiasi, dan menjadi temat yang tepat bagi karyawan untuk berkeluh kesah dan mengutarakan kesulitannya di tempat kerja. Baik kesulitan dalam bekerja, atau kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan peraturan perusahaan. Dengan mengikuti Pelatihan HRD, para HRD tentu akan dibekali bagaimana cara mengembangkan skill karyawan dan bagaimana memberikan motivasi untuk memaksimalkan performa kerja mereka. 

 3. Update Seputar isu Pelatihan HRD

Isu HRD memang sering kali dibicarakan di media sosial. Sudah banyak akun atau platform yang mengambil tema untuk Pelatihan HRD untuk membicarakan isu-isu yang terjadi di lingkungan mereka. Namun, dengan mengikuti Pelatihan HRD, banyak para ahli yang akan membagikan seputar isu HRD terkini. Dengan begitu, para HRD dapat menyusun strategi untuk diterapkan pada sistem perusahaan. 

 4. Sharing ilmu dan pengalaman sesama HRD 

Mengikuti Pelatihan HRD, artinya komunitas dalam lingkungan Pelatihan hanya akan diisi oleh para HRD di berbagai bidang perusahaan. Dengan begitu kita bisa saling sharing permasalahan yang dialami. Selain itu pembicara yang hadir di HRD Pelatihan akan membagikan ilmu serta tips untuk meningkatkan kualitas HRD untuk perusahaan dan membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi di lingkungan HRD. 

 Info Mengenai Pelatihan HRD

 

 

 


First slide