Training Leadership Online for Managers Untuk menjadi Pemimpin yang Handal

image Sikap Seorang Leadership yang Baik
Pelatihan Leadership
image
2021-01-25 08:35:51

Seperti apa sifat dan sikap seorang leader yang baikleader itu ibarat seorang pilot yang mengemudikan pesawat. Ia harus tahu seluk beluk kemudi untuk bisa menerbangkan pesawat tersebut. Apabila ilmunya tidak mencukupi ataupun terjadi kesalahan boleh jadi pesawat yang dikendalikan tersebut bisa terjatuh.

Begitu pula dalam hal organisasi, perusahaan, negara dan lain sebagainya diperlukan seorang leader untuk bisa mengatur dan mengendalikan apa-apa yang menjadi tanggung jawabnya. 

Karena itu, untuk menjadi leader atau Pemimpin bukanlah sebuah perkara yang mudah. dipundaknya telah disematkan tanggung jawab yang besar sehingga bisa mengatur sesuatu dengan baik.

Para ahli psikolog sepakat bahwasannya leader yang murni itu lahir dari seseorang yang memiliki karakter koleris. Dimana Ia ditakdirkan memiliki karakter tegas dan mampu memimpin.

Selain itu, sifat kepemimpinan ini lahir dari lingkungannya yang membentuknya sehingga sifat tersebut muncul dan menjadi karakter yang melekat pada dirinya.

Walaupun begitu, setiap orang memiliki jiwa pimpin minimal untuk memimpin diri sendiri untuk menentukan arah hidup terbaik menurut dirinya sendiri.

Akan tetapi untuk bisa menjadi leader ideal dan baik harus memiliki sikap-sikap yang baik dan khas. Karena pemimpin akan menjadi sorotan dan contoh untuk anak buahnya.

Lalu, sikap baik seperti apakah yang harus dimiliki oleh seorang leader? Berikut ulasannya!

Mengenal Sikap Baik yang Harus Dimiliki oleh Seorang Leader Training Leadership

1. Seorang Leader Memiliki Komunikasi yang Baik Training Leadership


Bisa berkomunikasi yang baik adalah modal utama yang harus dimiliki seorang Leader. Karena kebijakan atau keputusan yang akan dikeluarkannya apabila tidak dikomunikasikan yang baik akan menjadi sorotan utama dari setiap orang terutama bawahannya.

Saat ini, di era digital yang tergolong bebas berapa banyak leader yang “jatuh” karena tidak bisa berkomunikasi yang baik. Akibatnya, para bawahannya pun mempertanyakan kapasitas kepemimpinan dalam dirinya.

2. Memiliki Sikap Berani dan Menginspirasi Training Leadership

Pelatihan Leadership

Seorang leader harus memiliki sikap berani. Dalam arti berani mengambil resiko dan juga mengambil keputusan. Jika sikap tersebut belum mendarah daging pada diri Anda atau masih ada keraguan dalam memutuskan sesuatu, maka Anda harus melatih hal tersebut.

Jadilah leader yang mampu menjadi inspiratif bagi bawahan atau rekan-rekan Anda. Tunjukan dalam setiap perbuatan, selalu gunakan kata dan kalimat yang memotivasi bawahan Anda. Tentunya bila seorang leader tidak memiliki sebuah keberanian, maka akan hilang rasa percaya dari anak buahnya.

3. Seorang Leader Selalu Menjadi Diri Sendiri Training Leadership

Training Leadership

Tidak dipungkiri, seseorang yang telah menjadi leader pasti ada orang yang memperjuangkannya. Karena itu, ada rasa timbal balik untuk bisa menjadi sosok yang diinginkan oleh mereka.

Padahal boleh jadi apa yang mereka inginkan pada Anda bertentangan dengan hati nurani sehingga memutuskan sesuatu didasari oleh pandangan orang lain.

Sebaiknya hal tersebut harus dihindari oleh seorang leader. Bukan berarti menapikan pendapat orang lain, akan tetapi yang dikhawatirkan adalah sesuatu yang Anda putuskan masih tergantung orang lain karena Anda takut salah mengambil langkah.

Padahal seharusnya, pendapat dari orang lain tersebut ditampung dan dipertimbangkan terlebih dahulu. Baru diputuskan sesuai kebutuhan dan kebijakan Anda yang sesuai dengan hati nurani.

4. Sikap Seorang Pemimpin/Leaders Selalu Bisa Menghargai Orang lain Training Leadership

  • kursus Leadership

Selanjutnya Pelatihan seorang Kepemimpinan Info Wiki Pedia 

Cara untuk bisa menghargai orang lain pun mudah namun terkadang lupa atau malas untuk diungkapkan, seperti mengucapkan terima kasih kepada orang lain bukan hanya Ia telah memberikan sesuatu tetapi jangan lupa pula ketika Ia telah membantu Anda.

Selain itu, juga ungkapkan maaf yang terkadang susah keluar dari seorang leader. Bila pemimpin salah, maka tidak ada salahnya untuk berkata demikian. Karena dengan mengatakannya status Anda sebagai pemimpin pun tidak akan jatuh.

5. Bersikap Tenang Ketika dalam kondisi Di Bawah Tekanan



Sikap selanjutnya yang harus dimiliki oleh seorang leader adalah bersikap tenang ketika berada dalam tekanan. Dalam dunia kerja misalnya, tekanan pasti akan ada sehingga seringkali membuat emosi menjadi tidak menentu.

Maka sebagai pemimpin, sikap yang bisa dilakukan adalah tenang. Jangan sampai marah-marah atau menyalahkan orang lain sehingga bawahan Anda pun menjadi tidak respect dengan Anda.




Related Training
Negotiation Skill in New Normal Era
Language: Bahasa Indonesia
star star star star star_half 4.6666666666667 
(3 reviews) + e-certificate
Live Training
Free

logo
RISCONSULTING Provider
Public Speaking for Kids
Language: English
Video Training
RM 11

logo
eBright Public Speaking