Training Public Speaking Untuk Anak Kursus

Kursus Public Speaking Online untuk Remaja dan Anak-anak

Kursus Public Speaking Online Untuk Anak, Speak Up Lancar Bersama Mikkha

Mulai belajar Public Speaking dari usia anak-anak dan remaja sehingga lebih percaya diri saat berinteraksi dengan siapapun. Baik yang usianya lebih kecil, sebaya bahkan lebih tua dari mereka.

Belajar Public Speaking Untuk Anak 

“Mewariskan keterampilan yang berguna untuk anak-anak dalam mengarungi kehidupan di masa depan adalah kewajiban orangtua.“

Jika Anda sepakat dengan pernyataan tersebut, Anda perlu mendorong mereka untuk belajar public speaking.

 

Keterampilan yang satu ini selalu dibutuhkan sepanjang masa. Bacalah sejarah, maka Anda akan temukan bahwa tokoh-tokoh penting dalam rentetan babak sejarah, umumnya adalah seorang public speaker.

 

Mulai dari para Nabi dan Rasul, tokoh-tokoh pemimpin politik di berbagai negara, hingga artis dan influencer yang bisa mempengaruhi banyak orang.

Itu artinya, memberikan pelajaran seputar berbicara di depan umum untuk anak-anak Anda sama dengan upaya menyiapkan generasi yang semacam itu. Maka sekarang, mari kita coba bahas topik penting ini. 


Public speaking adalah istilah bahasa Inggris yang berarti berbicara di depan publik. Dalam bahasa Indonesia, artinya sering dipadankan dengan istilah pidato.

 

Meskipun sama-sama mengeluarkan suara dari mulut, public speaking berbeda dengan bentuk komunikasi lain seperti diskusi, mengobrol, atau mengigau.

Setidaknya, untuk membuat suatu kegiatan mendapatkan label public speaking, perlu lima elemen yang hadir di dalam kegiatan tersebut, antara lain:

  • Pemberi pesan (speaker)

  • Penerima pesan (audience)

  • Isi pesan

  • Cara penyampaian (medium)


Efek yang ditimbulkan

 

Jadi, ini merupakan kegiatan yang terencana. Bukan pembicaraan spontanitas yang tak mempedulikan isi pesan, delivery, maupun dampak yang timbul. Karena itu, meski seseorang pandai bicara atau ngobrol, belum tentu pada saat yang sama ia juga pandai public speaking. 

Faktanya, banyak yang jago nyerocos kalau ngobrol, tapi mati gaya kalau harus bicara di depan publik. Ini benar kan?

 

Mempelajari Public Speaking yang Baik Untuk Anak Anda


Ini berbeda dengan mempelajari berbagai mata pelajaran seperti Matematika, IPA, atau IPS. 

Ada  cara belajar public speaking yang perlu seseorang lakukan agar menjadi public speaker handal.

  1. Mempelajari teori seputar public speaking Untuk anak 

Memang benar, public speaking adalah skill yang penguasaannya sangat bergantung pada latihan dan pengulangan (repetisi). Namun, bukan berarti tak perlu menguasai teori sama sekali.

Faktanya, banyak ahli public speaker yang menyarankan tips dan trik tertentu agar tujuan public speaking bisa tercapai dengan baik. Misalnya:

  • Memahami karakter audiens sebelum tampil.

  • Mengatur suara dan nafas selama tampil.

  • Menggunakan humor atau cerita untuk memancing perhatian.

  • Memilih bahasa yang sesuai dengan audiens.

  • Menggunakan alat bantu audiovisual.

  • dan banyak lagi.

Berbagai teori tersebut tentunya bukan hanya untuk jadi pengetahuan, namun perlu praktek untuk mengasahnya.

  1. Memperhatikan public speaker yang sudah handal kursus public speaking

Cara belajar klasik yang sangat efektif adalah mempelajari contoh dari orang lain. Saat ini, ada banyak pembicara hebat yang biasa wara-wiri di depan publik.

Anda atau anak-anak Anda bisa secara bersama-sama menonton mereka sambil mempelajari cara mereka dalam menyampaikan pesan. 

Coba perhatikan hal-hal berikut saat menontonnya:

  • Pengaturan kecepatan dan intonasi suara.

  • Pilihan kata yang digunakan.

  • Bahasa tubuh, baik wajah maupun gerakan tangan.

  • Susunan topik yang mereka sampaikan.

Ketika anda berhasil menangkap poin-poin yang menyebabkan mereka bisa menjadi handal, itu bisa jadi pegangan ketika akan praktek dan berlatih.

  1. Berlatih, berlatih, dan berlatih

Dua poin di awal adalah seperti peluru dalam senjata. Keduanya selamanya tak akan berguna jika pemiliknya tak menggerakkan pelatuknya.

Nah, praktek dan berlatih ini ibarat menggerakkan pelatuk. Jadi, Anda perlu untuk melakukannya.

 

Saat berlatih, pastikan teori-teori yang sudah ada dalam kepala mewujud dalam aksi. Sebelum menguji langsung di depan publik, berbicara di depan cermin bisa jadi jalan untuk membangun kepercayaan diri.

 

Malcolm Gladwell, penulis kenamaan internasional, pernah menyebut bahwa untuk menjadi ahli dalam satu bidang tertentu, seseorang perlu 10 ribu jam pengulangan. 

Jadi, jangan bosan untuk latihan. Namun perlu Anda pahami, latihan yang dimaksud termasuk mencoba tampil di tengah publik yang real (bukan cermin)

  1. Memiliki mentor untuk akselerasi skill

Belajar tanpa guru atau mentor itu pasti jauh lebih sulit. Termasuk dalam meningkatkan kemampuan speak in public, guru juga penting adanya.

 

Selain memberikan arahan, teori, dan pengalamannya, hal penting lainnya adalah evaluasi yang mereka berikan. 

Dengan keahliannya, seorang guru atau mentor dapat mengevaluasi setiap penampilan dan membantu pemula untuk meningkatkan kualitas dengan cepat.

 

Jadi, meskipun Anda atau anak-anak Anda bisa otodidak mempelajari public speaking, tetap saja keberadaan guru  atau mentor adalah penting.

 

Kursus Public Speaking Online Untuk Anak

Kursus public speaking online adalah kursus yang bisa diikuti jarak jauh dengan menggunakan berbagai aplikasi meeting. Ada cukup banyak sisi positif jika ini jadi pilihan, antara lain:

  • Biasanya, waktu lebih fleksibel.

  • Umumnya, materinya dapat disimpan, sehingga bisa diulang-ulang.

  • Dari sisi biaya cenderung lebih murah ketimbang kursus tatap muka.

  • Mudah mendapatkan guru, karena kursus ini dapat terlaksana dengan guru yang jaraknya jauh sekalipun.


Namun, kelas public speaking online menuntut kefokusan dan keseriusan yang tinggi. Hal ini bisa teratasi apabila mentor yang memegang kursus dapat menguasai kelas dan membuat semua audiens tertarik mendengar sepanjang kursus.

Tempat Kursus Public Speaking

Kini, anda sepertinya sudah terpikir untuk memfasilitasi anak-anak untuk belajar di tempat kursus public speaking. Kalau itu yang ada dalam pikiranmu, itu bagus. Artinya, anda peduli dengan masa depan anak-anak.

Namun, sudahkah anda memiliki referensi tempat belajar yang tepat? 

Desy Andriani Institute bisa menjadi jawaban bagi anda yang mungkin masih mencari tempat belajar terbaik. 

Saya memiliki sejumlah program untuk meningkatkan kemampuan public speaking dalam tiga kategori kelas:

  • Anak: mulai dari 4, 5, hingga 6 SD

  • Remaja: mulai usia 12 hingga 18 tahun

  • Umum: semua kalangan baik profesional, pebisnis, ibu rumah tangga, aktivis, dan lainnya.


Tentu saja, Saya sudah merancang kurikulum belajar yang menyesuaikan dengan tingkat usia dan latar belakang siswa. Tujuannya agar materi dapat tepat sasaran.

Di kelas-kelas tersebut, Saya akan membagikan semua pengalaman Saya yang relevan dengan kemampuan public speaking selama lebih dari 20 tahun. Baik menjadi presenter TV, pembicara seminar, MC, workshop, dan lainnya. 

Saat ini banyak lembaga yang menawarkan kursus atau workshop public speaking, namun jarang yang memberikan penawaran dengan harga murah dan kualitas terjamin.

 

Mikkha, merupakan one stop learning education platform yang menyediakan berbagai kelas kursus untuk upskilling, salah satunya kursus public speaking online. Kamu bisa mengasah kemampuan Kamu dalam berbicara dengan mengikuti kelas public speaking online yang ada di Mikkha.

 

Keuntungan belajar di Mikkha ini, kamu nggak perlu buang tenaga Kamu buat pergi ke tempat kursus, karena Kamu bisa melakukannya secara online. Cuma butuh gadget, Kamu bisa merasakan experience belajar seperti di kelas langsung. Kamu bisa pilih metode berupa live training atau video training. Live training adalah belajar interaktif di mana kamu bisa melakukan interaksi langsung dengan trainer, sementara video training merupakan video belajar yang bisa kamu download dan tonton kapanpun kamu sempat.

 

Satu lagi yang harus Kamu tahu, kalau Kamu mengikuti kelas online di Mikkha, Kamu nggak perlu lagi unduh aplikasi pendukung seperti zoom, google meet, duo, dan sebagainya. Kamu bisa langsung akses kelasnya di website mikkha.com. Jadi, nggak perlu pusing mikirin memori, kan?

 

Untuk lihat kelas-kelas dan mempelajari selengkapnya, silakan kunjungi website mikkha.com, dan rasakan pengalaman kursus online yang praktis dan sesungguhnya.

 

Oke! Itu dia learners, kenapa kamu harus mengasah kemampuan kamu public speaking. Apalagi mumpung kita masih diberi kesehatan dan kesempatan belajar. Jadi, jangan sampai waktu kita terbuang sia-sia.

 

 

Public Speaking for Kids
Video
Public Speaking for Kids
RM 11

logo
eBright Public Speaking
Trainer
Buy Training
Anak Jago Bicara di Depan Kelas
Live
Anak Jago Bicara di Depan Kelas
Rp. 99.000

logo
Mikkha edu For Provider
Trainer
Buy Training
First slide