bagaimana memanfaatkan peluang usaha secara kreati Belajar

Bagaimana Memanfaatkan Peluang Usaha Secara Kreatif dan Inovatif

Bagaimana Memanfaatkan Peluang Usaha Secara Kreatif dan Inovatif agar Mendapatkan Keuntungan?

ide bisnis Anda mungkin biasa saja, tetapi ketika dilakukan pada saat yang tepat, bisnis Anda bisa sukses.

Itulah pentingnya memanfaatkan peluang usaha. Seorang pengusaha harus pintar melihat celah agar usaha bisa berkembang. Nah, ada lima cara bagaimana memanfaatkan peluang usaha secara kreatif dan inovatif. Simak poin-poinnya berikut ini!

1. Jeli dan Peka Terhadap Lingkungan Sekitar

Perhatikan lingkungan sekitar Anda. Masalah apa yang sedang ada di lingkungan tersebut? Bagaimana sebuah usaha bisa lebih sukses jika dibandingkan dengan kompetitornya? Analisis dan pelajarilah bagaimana suatu usaha bisa tidak sukses atau sepi pembeli. 

Misalnya, Anda ingin membuka usaha restoran seafood di sekitar tempat tinggal Anda. Namun, ada sebuah restoran sejenis di lingkungan Anda yang ternyata sepi pembeli, padahal terletak di lokasi yang strategis dan ramai. Setelah Anda selidiki, ternyata harga makanan di restoran tersebut cukup mahal dan mereka kurang mempromosikan usaha mereka.

Dengan mengetahui masalah yang dihadapi pengusaha lain, Anda bisa mengetahui usaha seperti apa yang berpotensi untuk sukses. Anda bisa membuka restoran sejenis dengan harga yang lebih murah dan kualitas makanan yang lebih baik. Dengan begitu, konsumen akan lebih tertarik untuk mencicipi makanan di restoran Anda.

2. Manfaatkan Internet dan Media Sosial 

Kini, hampir setiap orang menggunakan internet dan media sosial. Tak mengherankan jika media sosial menjadi salah satu cara bagaimana memanfaatkan peluang usaha secara inovatif dan kreatif. Bahkan Anda bisa menggunakannya sebagai media promosi yang sangat efektif untuk menarik pembeli. Sayang sekali jika Anda tidak memanfaatkan internet dan media sosial.

3. Sesuaikan dengan Passion Anda

Bisnis yang sesuai passion atau hobi terasa lebih menyenangkan dijalani. Passion yang dimiliki membantu Anda bisa mengembangkan usaha secara kreatif dan inovatif. Dukungan teknologi yang tersedia juga meningkatkan kesuksesan bisnis yang sedang berlangsung.

Contohnya, Anda memiliki passion sebagai florist dan melihat peluang usahanya cukup besar. Jadilah kreatif dengan menciptakan rangkaian bunga yang unik dan sesuai selera konsumen. Anda bisa berinovasi dengan bunga-bunga yang ada untuk dijadikan kerajinan tangan lainnya, seperti hiasan dinding, buket bunga, dan lain-lain.

 

4. Ajak Orang Lain Berkolaborasi

Siapa yang tahu ternyata kerabat, teman atau kolega Anda bisa memberikan cara yang kreatif dan inovatif untuk memanfaatkan peluang usaha? Amati orang di sekitar Anda yang memiliki potensi tinggi, kemudian ajak mereka untuk berkolaborasi mengembangkan bisnis.

Contohnya, arsitek bisa mendatangkan banyak keuntungan apabila bekerja sama dengan tim kontraktor untuk membangun rumah klien. Klien tidak perlu pusing lagi mencari kontraktor yang tepat, apalagi sang arsitek mereferensikan kontraktor yang memiliki background bagus.

 

5. Riset Usaha Kompetitor

Peluang bisnis yang tersedia setidaknya pernah dimanfaatkan oleh satu orang. Anda bisa melihat usaha mereka untuk membangun bisnis yang lebih menonjol. Carilah apa yang belum mereka miliki dalam bisnis dan bisa Anda tawarkan kepada pelanggan.

Contohnya, usaha coffee shop yang kian menjamur hingga kota-kota kecil. Anda bisa membuat bisnis coffee shop jadi lebih unggul dengan menawarkan snack tradisional. Bisa juga menyediakan working space agar pelanggan bisa datang menikmati kopi Anda sekaligus menuntaskan pekerjaannya.

 

6. Ikuti Pelatihan Bisnis

Jangan jadi pengusaha pasif, jadilah aktif dengan mengejar informasi mengenai pelatihan bisnis. Anda bisa mengikuti berbagai topik pelatihan untuk mengembangkan bisnis. Bentuk pelatihan yang tersedia pun beragam, bahkan Anda bisa mengikuti pelatihan secara online di rumah saja dengan webinar atau kelas daring.

Selain menjadi inovatif, pelatihan bisa menjadi sarana untuk meningkatkan network atau jejaring yang dimiliki. Anda pun berkesempatan mempromosikan bisnis lewat pelatihan ini.

7. Pandang dari Perspektif Lain

Menangkap peluang usaha itu biasa, tapi memanfaatkannya secara kreatif dan inovatif adalah hal yang luar biasa. Untuk melakukannya, Anda harus melihat peluang tersebut dari perspektif lain serta berinovasi.

Anda bisa mencontoh pelaku usaha makanan ringan yang selalu berinovasi dengan produknya. Misalnya, siomay yang selama ini disajikan menggunakan saus kacang kini diganti saus mentai. Cukup cari hal inovatif yang bisa dikembangkan di bisnis Anda, selama hal tersebut sesuai kebutuhan target pasar.

8. Mulai dari Diri Sendiri

Ini adalah langkah terakhir yang tidak kalah penting karena semuanya dimulai dari kemauan Anda. Seorang pengusaha tidak hanya kreatif dan inovatif, mereka juga harus memiliki sikap fokus dan tidak mudah menyerah. Utamakan untuk selalu memiliki solusi saat masalah menghadang.

Menjadi pengusaha artinya Anda harus bekerja secara mandiri. Tetaplah memiliki etos kerja yang baik agar usaha semakin meningkat. Anda juga akan dianggap teladan dan inspirasi bagi orang yang dipekerjakan.

  

First slide