kursus menulis skenario film Kursus

Tips Menulis Skenario Film Belajar Teknik Nya

Kursus Menulis Skenario Film,

Lakukan 4 Tips Ini Untuk Jadi Script Writer Handal!

 

Kursus menulis skenario film sangat bermanfaat buat kamu yang hobi nonton film dan ingin memperbaiki kualitas cerita-cerita di film. Kalau kamu hobi buat naskah, atau sering ikut komunitas fim di sekolah atau kampus, pasti pernah mengalami kesulitan dalam pembuatan skenario. Proses pra produksi film ini memang terkadang menyulitkan dan cukup memakan waktu. 

 

Penulisan skenario film sangat menentukan seberapa bagus kualitas isi dari film tersebut. Skenario yang ditulis secara rapih, detail, dan bersungguh-sungguh, tentu akan menghasilkan film yang kualitasnya sama bagusnya. Sebaliknya, jika skenario ditulis asal-asalan, maka bisa dipastikan pembuatan film dan kualitasnya tidak akan maksimal. 

 

Untuk kamu yang baru belajar menulis skenario, Mikkha mau sharing bagaimana kita seharusnya menulis skenario yang baik, agar dapat membuat film dengan cerita berkualitas seperti filmmaker ternama. Berikut tips-tipsnya. 

 

1. Menentukan Tema Film dalam menulis skenario Kursus

Tema adalah unsur penting dalam suatu cerita. Entah itu novel, film, cerpen, atau komik. Tanpa tema, cerita tak akan terbangun dan tentu tidak ada intisari yang dapat ditangkap dari cerita tersebut. Tema sangat penting karena menentukan kemana arah dari unsur cerita lainnya, seperti tokoh, alur, serta plot dan latar belakanga cerita tersebut. Seseorang yang terbiasa menulis cerita seperti novel dan cerpen akan lebih mudah dalam menentukan tema karena mereka telah memiliki sumber cerita sendiri. Sementara, yang belum berpengalaman dalam menulis disarankan untuk mengoptimalkan daya imajinasinya. 

 

2. Penyusunan alur cerita yang disesuaikan dengan durasi film Kursus  Menulis Skenario

Langkah ini merupakan langkah yang panjang dalam penyusunan pra produksi dan juga termasuk ke dalam langkah yang paling sulit dilakukan. Kita harus menyesuaikan alur dengan cerita yang akan kita buat. Dalam penulisan skenario, alur akan dibagi menjadi tiga babak. Pengenalan tokoh, kisah petualangan tokoh, dan kesimpulan. 

 

Dalam satu susunan plot, cerita akan dibagi menjadi beberapa sequence. Mesalnya, jika ada delapan sequence dalam satu alur cerita, babak perkenalan karakter dan kesimpulan memiliki dua sequence, dan babak petualangan empat sequence. Tahap selanjutnya dilanjutkan dengan memberikan beat atau isi cerita yang berisi mengenai kegiatan karakter yang nantinya akan tergambar menjadi sebuah cerita yang mengisi setiap sequence dalam alur cerita.

 

3. Membuat list adegan dari isi cerita sequence dari alur yang telah disusun kursus menulis skenario film

Langkah ini disebut juga dengan penyusunan plot. Detak cerita (beat) akan mengisi alur yang disusun. Lebih baik, ide beat dicatat pada notes atau kertas agar dapat memudahkan dalam penulisan plot dan dapat menjadi rujukan untuk kembali pada naskah. 

 

4. Menulis script yang berisi kesluruhan cerita sampai menjadi final draft kursus menulis skenario film

Jika kita melihat dialog teater yang terdapat pada pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah, tentu kita hanya akan melihat format nama karakter dengan dialog yang akan diucapkannya. Berbeda dengan dialog teater, format pada skeneraio akan dituliskan lebih kompleks. Pada skenario, terdapat format waktu, latar tempat, serta bagaimana tokoh akan berekspresi dan bereaksi. Untuk itu, menjadi script writer memang tidak hanya mengandalkan kemampuan menulis yang baik saja, tetapi juga seorang script writer harus bisa mengoptimalkan imajinasi, setting dan mengeksekusi naskah sesuai keinginan produser. 

 

Penulis naskah harus memiliki kesabaran dan keteguhan hati yang kuat, karena revisi draft-perdraft naskah sudah pasti menjadi sebuah hal yang akan dirasakan pahitnya dalam pekerjaan, demi meraih manisnya final draft yang menandakan sudah diperbolehkanya naskah untuk di produksi menjadi sebuah film.

 

Nah, itulah tahapan dasar dalam menulis skenario. Keterampilan menulis skenario memang susah-susah gampang untuk dikuasai. Tapi bagi kamu yang berminat mendalaminya, hal tersebut bukanlah jadi hal yang mustahil. Kamu bisa  belajar menulis skenario dari ahlinya , internet, atau mengikuti kursus, baik online maupun offline.

 

Mikkha sebagai one stop education learning platform menyediakan berbagai macam kelas kursus. Salah satunya adalah kursus menulis skenario film. Metode online interaktif membuat kamu bisa mendalami kelas di mana saja, dan kapan saja. Kamu bisa berdiskusi langsung dengan trainer dan mendapat pemahaman lebih terkait materi yang disampaikan. Untungnya mengakses kelas online, kamu nggak perlu repot datang ke tempat kursus dan menghabiskan biaya karena itu. Dipandu oleh praktisi berpengalaman, kamu akan diajarkan cara menulis skenario dan memahami rahasia-rahasia scriptwriter professional.  

 

Cari tahu selengkapnya di mikkha.com Kelas kursus menulis skenario film sekarang dan grab seat-nya sebelum kehabisan!

 


Bedah Trik Adobe Premiere untuk Pemula
Live
Bedah Trik Adobe Premiere untuk Pemula
Live Training Save 40%
Rp. 220.000 Rp. 495.000

logo
Mikkha edu For Provider
Trainer
Buy Training
Bedah Trik Adobe Premiere untuk Pemula
Live
Bedah Trik Adobe Premiere untuk Pemula
Live Training Save 40%
Rp. 220.000 Rp. 495.000

logo
Mikkha edu For Provider
Trainer
Buy Training
Cara Menjual dengan Gaya Menggunakan Persuasive Copywriting
Live
Cara Menjual dengan Gaya Menggunakan Persuasive Copywriting
Live Training Save 50%
Rp. 220.000 Rp. 330.000

logo
Mikkha edu For Provider
Trainer
Buy Training
Jadi Marketer Handal dengan Mahir Facebook Ads
Live
Jadi Marketer Handal dengan Mahir Facebook Ads
Live Training Save 50%
Rp. 220.000 Rp. 440.000

logo
Mikkha edu For Provider
Trainer
Buy Training
First slide