media pembelajaran kreatif dan inovatif Belajar

Berikut inin Tips Media Pembelajaran Kreatif dan Inovatif

Tips Menciptakan Pembelajaran yang Menarik dan Kreatif

 

Menciptakan Pembelajaran yang Menarik dalam Kelas media pembelajaran kreatif dan inovatif

“Guru itu harus kreatif!” Seringkali kita mendengar pernyataan tersebut. Lalu, pertanyaan muncul mengapa sebagai praktisi pendidikan kita harus kreatif? Dalam tulisan ini setidaknya ada dua alasan mengapa guru dituntut harus kreatif. Pertama, lahirnya generasi ‘alpha’. Generasi alpha sebagai pembelajar di abad ke 21 sejak lahir telah mengenal internet,

mereka terpapar dengan teknologi dalam kesehariannya menggunakan smartphone sebagai alat komunikasi. Dengan menyediakan media pembelajaran kreatif dan inovatif yang menarik dengan teknologi yang berkembang sangat memungkinkan peserta didik untuk termotivasi dalam belajar. Kedua,  guru harus kreatif karena kita tidak bisa memprediksi perkembangan teknologi di masa depan.

Perkembangan teknologi yang begitu pesat seperti ditemukannya platform video conference yang memungkinkan penyampaian materi pada siswa tanpa perlu tatap muka secara langsung. Temuan teknologi yang hebat lainnya tentu ditemukan oleh orang yang kreatif. Dengan dibekali nya guru menjadi sosok yang kreatif, tentu dapat mendukung dalam menciptakan pembelajaran yang menarik dan interaktif dalam kelas.

Pembelajaran merupakan suatu proses komunikasi dan interaksi antara peserta didik dengan guru dan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar. Pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik dalam memahami materi lebih dalam, proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, keterampilan, serta pembentukan sikap dan kepercayaan diri pada peserta didik.

Selama ini banyak kita temui proses pembelajaran di kelas identik dengan guru sebagai pemateri atau pembicara dan peserta didik sebagai pendengar. Alhasil, kegiatan pembelajaran terasa monoton dan membosankan bagi siswa. Padahal, pemilihan metode inovasi untuk pembelajaran yang tepat juga mendukung keberhasilan penyampaian materi oleh guru dan turut mempengaruhi output dari hasil belajar di dalam kelas.

Sebagai tenaga pendidik, guru berperan penting dalam menyajikan materi di kelas. Guru memiliki peranan penting dalam menyajikan dan merancang kegiatan pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik setiap harinya. Lantas, bagaimanakah tips merancang dan menciptakan pembelajaran yang menarik bagi siswa? Berikut ulasan lengkapnya

apa saja media ajar yang bisa dikembangkan guru untuk pembelajaran. Berikut adalah 5 Model Media Ajar Inovatif :

1. Poster media pembelajaran kreatif dan inovatif

Mungkin terbilang konvensional memasukkan poster sebagai media ajar di era sekarang, namun penggunaannya yang mudah dan murah membuat poster menjadi media yang bisa dipertimbangkan untuk digunakan. Visual dalam poster bisa membantu murid memahami sebuah informasi. Apalagi visual yang digunakan dekat dengan murid.

Di dalam kelas poster bisa dimodifikasi bergantung kebutuhan belajar murid. Poster bisa digunakan untuk menyampaikan informasi, poster bisa digunakan untuk memantik diskusi/pertanyaan murid, poster juga bisa digunakan untuk merekam proses/hasil belajar murid.

2. Papan atau buku interaktif media pembelajaran kreatif dan inovatif

Mengajak murid terlibat dalam pembelajaran, salah satu cara agar murid menjadi tidak bosan dan menjadi antusias. Salah satunya dengan membuat media pembelajaran yang interaktif, melibatkan murid. Memungkinkan murid untuk berinteraksi dengan komponen di dalamnya.

Misalnya guru menciptakan media poster, di mana dari poster tersebut murid bisa melipat bagian tertentu, mengganti bagian yang ada di poster, menambahkan bagian yang lain, dan sebagainya. Buku pun juga bisa dirancang untuk interaktif, guru membuat buku yang mana murid bisa menambahkan karakter, merasakan tekstur buku, mengisi bagian yang kosong dsb.

3. Alat peraga media pembelajaran kreatif dan inovatif

Masih ingat saat Anda masih sekolah dulu dan masuk laboratorium biologi. Ada torso yang guru biologi gunakan untuk menjelaskan mengenai bagian-bagian tubuh manusia. Torso membantu guru memperlihatkan bagian-bagian tubuh manusia.

Alat peraga merupakan alat yang membantu guru memperagakan suatu pengetahuan. Alat peraga 3 dimensi, untuk menjelaskan bangun ruang, torso untuk menjelaskan bagian tubuh manusia, uang kertas, uang koin, dsb.

4. Permainan media pembelajaran kreatif dan inovatif

Siapa sih yang nggak suka main? Apalagi murid-murid. Sehingga tepat sekali jika permainan digunakan sebagai salah satu media ajar untuk membantu murid belajar. Ada beberapa jenis permainan yang guru bisa kembangkan menjadi media, antara lain :

  • Permainan dalam bentuk aktivitas
    Permainan yang mengajak murid bergerak, seperti gobak sodor, petak umpet, engklek, dst.

  • Permainan kartu/papan
    Permainan yang memanfaatkan kartu atau papan dalam bermainnya, seperti monopoli, ular tangga, fundora, ludo, dsb.

  • Permainan berbasis alat
    Permainan yang dalam melakukannya membutuhkan bantuan alat, seperti galasin, enggrang, balok warna-warni, lego, boneka, dst.

  • Permainan digital
    Permainan yang memanfaatkan perangkat digital dalam memainkannya, seperli Mobile Legend, Pokemnon Go, Wining Eleven, dsb.

5. Aplikasi berbasis teknologi media pembelajaran kreatif dan inovatif

Pernah memakai aplikasi Quizizz untuk penilaian murid? Atau memakai Duolingo untuk membantu murid belajar bahasa Inggris? Dua-duanya adalah aplikasi berbasis teknologi yang merupakan media ajar. Sangat kompleks memang untuk mengembangkan media pembelajaran kreatif dan inovatif yang satu ini. Selain harus melek teknologi juga pembuatannya membutuhkan waktu yang sangat lama.

Baca Juga Tentang : Contoh Menjadi Pemimpin Yang Kreatif dan Inovatif

First slide