tafsir quran online Kursus

Ikuti Belajar Tafsir Al-Quran Online Bersama | Mikkha

Belajar Tafsir Al-Qur’an online - Di era digital sekarang ini, mempelajari tafsir Al-Qur’an, khususnya Tafsir Ibnu Katsir menjadi makin mudah. Terlebih dengan hadirnya aplikasi Al-Qur’an yang bisa diakses melalui gadget.

Apalagi, setiap muslim sebenarnya sangat dianjurkan untuk mempelajari tafsir Al-Qur’an karena memiliki banyak keutamaan.

Al-Qur’an menyatakan bahwa orang yang tidak mau mempelajari tafsir akan terkunci hatinya, sementara hadis rasul menyebutkan orang yang terbaik adalah mereka yang mempelajari Al-Qur’an.

Anda bisa mencari tafsir ayat tertentu dan aplikasi akan memunculkan hasil pencarian yang relevan secara lengkap dan cepat.

Keutamaan Mempelajari Tafsir Al-Qur’an

Bagi seorang muslim, belajar Al-Qur’an adalah kewajiban, bahkan seharusnya menjadi kebutuhan.

Tanpa mempelajarinya, Anda tidak akan bisa memahami dan melaksanakan seluruh kandungan yang ada di dalamnya, padahal Al-Qur’an adalah pedoman hidup setiap muslim.

Al-Qur’an tidak bisa ditafsirkan dengan logika saja, tetapi harus mengacu pada dalil sahih dan sejalan dengan manhaj salafus salih.

Salah satu caranya adalah dengan mempelajari kitab Tafsir Ibnu Katsir karya Hafizh Ibnu Katsir, seorang ulama tafsir terkemuka, yangmenjadi rujukan tafsir Al-Qur’an.

Secara bahasa, tafsir berasal dari kata “fassara” yang artinya menyingkap sesuatu yang tertutup sehingga menjadi jelas.

Adapun secara istilah, dalam kitab Ushulun fit Tafsir, Syaikh Al-Utsaimin mendefinisikan tafsir sebagai “penjelasan makna Al-Qur’an Alkarim”.

Sementara itu, Az Zarkasyi dalam kitab Al Burhan fi ‘Ulumul Qur’an menyatakan definisi tafsir yang lebih detail, yaitu “ilmu untuk mengetahui kandungan Kitabullah, dapat diketahui penjelasan maknanya, serta bisa dikeluarkan hukum dan hikmah yang terkandung di dalamnya.”

Di antara beberapa kitab tafsir, Tafsir Ibnu Katsir menjadi kitab yang paling populer di kalangan umat Islam dan digunakan dalam tafsir Al-Qur’an.

Keunggulan kitab ini adalah adanya penafsiran Al-Qur’an dengan Al-Qur’an dan menghimpun ayat-ayat yang menunjukkan ayat yang dimaksud.

Membaca kitab tafsir akan sangat membantu umat muslim memahami isi Al-Qur’an, memetik banyak hikmah dan ilmu, serta benar-benar menjadikan Al-Qur’an sebagai petunjuk hidup di dunia.

Karena itulah, mempelajari tafsir Al-Qur’an memiliki banyak keutamaan, yaitu:

  1. Materi ilmu tafsir adalah materi yang paling mulia;

  2. Merupakan cara mempelajari Al-Qur’an yang paling mulia;

  3. Allah mengancam akan mengunci hati orang yang tidak mau menadaburi Al-Qur’an;

  4. Dapat menemukan jawaban atas segala permasalahan hidup di dalam Al-Qur’an;

  5. Terhindar dari kesesatan di dunia dan mendapat kebahagiaan di akhirat;

  6. Merupakan salah satu tujuan diturunkannya Al-Qur’an;

  7. Menjadi jalan untuk mendapatkan kesempurnaan agama dan dunia; serta

  8. Dengan mengetahui tafsirnya, Anda akan mendapatkan kenikmatan dalam membaca Al-Qur’an.

Aplikasi Belajar Tafsir secara Online

Mempelajari Al-Qur’an adalah kebutuhan mendasar setiap muslim agar bisa memahami kandungan dan mengamalkannya dengan benar. Hal tersebut hanya bisa dicapai dengan cara mempelajari tafsir Al-Qur’an.

Sayangnya, meski mungkin hampir setiap muslim pasti memiliki kitab Al-Qur’an di rumahnya dan setiap hari rutin membaca Al-Qur’an, belum banyak orang yang memiliki kitab tafsir Al-Qur’an. Salah satu penyebabnya adalah harga buku tafsir yang cukup mahal.

Namun, hal tersebut kini tidak lagi menjadi masalah dengan adanya aplikasi tafsir Al-Qur’an yang bisa diunduh siapa saja. Aplikasi tafsir Al-Qur’an ini dapat diakses dengan sangat mudah melalui smartphone, tablet, atau pun PC.

Kemampuan setiap manusia dalam memahami Al-Qur’an tidaklah sama, sehingga untuk dapat memahami Al-Qur’an secara menyeluruh dibutuhkan tafsir yang dibuat oleh mufasir tepercaya. Yuk Gabung Bareng Kelas Nya di MIKKHA SERUH LOOH

Oiya di Mikkha Juga Bisa Menerima Pelatihan Untuk Karyawan dn Time Lohh...!!


First slide