virtual team building Webinar

5 Rekomendasi Kegiatan Virtual Team Building

5 REKOMENDASI KEGIATAN VIRTUAL TEAM BUILDING UNTUK TIM ANDA


Atmosfer perusahaan telah berubah sejak mewabahnya covid-19 di Indonesia.  Demi menghindari lonjakkan korban terpapar virus covid-19, hampir seluruh perusahaan menerapkan kerja remote. Dengan mengandalkan kecanggihan digital, para pekerja dan staff karyawan dituntut untuk mengelola pekerjaannya tanpa perlu datang ke kantor. Tidak ada lagi meeting secara langsung, presentasi, bertemu klien secara tatap muka, serta brainstorming langsung. Semua kegiatan tersebut dilakukan secara virtual. 


Virtual membatasi hubungan sesama karyawan. Pendekatan guna menunjang kekompakan dalam tim tidak bisa terjadi secara efektif tanpa pertemun secara langsung. Di sisi lain, virtual memang menguntungkan dan menghemat beberapa aspek, dan yang lebih penting adalah memudahkan karyawan dan staf kantor saling berkoordinasi. Namun, kita juga tidak bisa memungkiri bahwa kedekatan personal tidak bisa dicapai dengan hanya mengandalkan virtual. 


Lalu bagaimana membangun chemistry dalam tim sementara saat ini semuanya serba virtual dan digital? 


Team building merupakan langkah atau cara-cara yang dilakukan untuk membangun hubungan baik dan kuat antara semua orang yang berada dalam satu tim. Langkah ini dilakukan untuk membangun komunikasi dan kolaborasi yang baik. Dengan cara ini pekerjaan  tetap bisa diselesaikan dengan baik bahkan saat tidak bekerja dari kantor sekalipun.


Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, kekompakkan dalam tim masih bisa tetap terjaga. Ada banyak fitur teknologi yang bisa dipakai untuk menunjang virtual team building ini, yaitu dengan chat, melakukan pertemuan online secara rutin, webinar, dan melakukan games. 


Berikut ini adalah 5 aktivitas yang bisa Anda terapkan bersama tim Anda untuk menjaga sinergi serta kekompakkan dalam tim;


1. Mengenal Anggota Tim virtual team building

Kita memang sudah mengenal anggota tim kita dalam meeting rutin. Namun, apa salahnya jika kita mengadakan satu khusus yang bisa membawa hubungan kita lebih dekat. Kesampingkan soal pekerjaan dan coba lebih membuka diri untuk saling mengenal secara personal. Anda bisa mengutarakan pertanyaan seperti, “Apa makanan favoritmu? Kenapa kamu suka makanan itu?” dan menyebarkan pada semua anggota tim. Lihat bagaimana mereka menjawab denga beragam.


2. Bermain Game Online virtual team building 

Game adalah kegiatan yang paling banyak disukai oleh banyak orang, termasuk karyawan Anda. Permainan yang Anda mainkan tak harus permainan-permainan berbayar yang membuat lupa waktu. Anda bisa membuat permainan seperti truth or dare, permainan papan, quiz, dan permainan yang mengasah otak lainnya. 


3. Membedah Film virtual team building

Film juga termasuk kegiatan yang bisa membuat hubungan tim menjadi dekat. Anda bisa melakukan kegiatan nonton bersama dengan tim Anda. Pilih film yang menurut Anda seru dan layak untuk dikupas, apalagi jika film itu banyak disukai orang. Anda bisa mengutarakan pertanyaan, “Mengapa film ini begitu banyak disukai?”. Setelah itu, Anda ajak tim Anda untuk saling berbagi pendapat setelah pemutaran film selesai. 


4. Melakukan Foto Virtual Bersama virtual team building

Perusahaan pastilah punya kegiatan foto bersama untuk me-refresh suasana baru di perusahaan. Pandemi tidak menjadi alasan untuk Anda berhenti melakukan kegiatan tersebut. Virtual photoshoot yang sedang menjadi tren di dunia dapat Anda adaptasi untuk kegiatan virtual team building perusahaan Anda.


5. Melakukan Virtual Tour virtual team building

Meeting dan seminar memang menjenuhkan bila dilakukan secara terus-menerus. Untuk mengusir kejenuhan, Anda dan tim bisa melakukan tur virtual. Layaknya tur sungguhan, Anda bisa menyewa jasa EO untuk merancang tur virtual yang cocok dengan kebutuhan dan kesukaan tim Anda. Dan tentu saja, tur virtual ini akan lebih banyak menghemat anggaran perusahaan Anda dari yang seharusnya. 


Itulah 5 contoh aktivitas virtual team building yang bisa Anda terapkan bersama tim. Untuk menyelanggakaran acara, tentu Anda tidak bisa melakukannya sendiri. Demi kelancaran acara, Anda bisa mengandalkan ‘yang terpercaya’ untuk merancang virtual team building yang akan mengembalikan kekompakkan tim Anda. 


Mikkha Edu dan Risconsulting merupakan perusahaan training provider dan consultant yang telah banyak merancang event team building untuk perusahaan, termasuk virtual team building. Dengan fitur custom event, Anda bisa menceritakan kebutuhan tim dan suasana yang diinginkan agar acara dapat terselenggara sesuai keinginan Anda. Kami bisa merancang outbond virtual, tur virtual, dan kegiatan apapun yang akan mengembalikan keutuhan dalam tim. Kekompakan dan solidaritas tentu akan berdampak besar terhadap kinerja tim untuk perusahaan. 


 



First slide